Friday, April 6, 2018

Tujuan Investasi

Apa tujuan investasimu ?


Melakukan investasi adalah aktivitas perencanaan keuangan yang dapat dilakukan setiap individu tanpa melihat batasan usia. Dengan mengeluarkan sejumlah uang dan menyimpannya dalam suatu bentuk instrumen investasi tertentu di masa sekarang, investor mengharapkan adanya keuntungan berkali-kali lipat dari harta tersebut di masa mendatang.

Di samping itu, sebagian orang juga masih menganggap bahwa investasi haruslah memerlukan modal yang besar. Padahal kenyataannya, semakin awal seseorang melakukan investasi, semakin cepat dan mudah hasil yang akan dinikmatinya. Besarnya modal yang harus dikeluarkan pun sangat fleksibel. Beragam instrumen investasi semakin banyak bermunculan dan dapat dilakukan dengan modal mulai dari ratusan ribu rupiah.

Memahami Tujuan Investasi
Bicara soal investasi berarti bicara soal masa depan. Saat berbicara soal masa depan, mayoritas paradigma yang muncul adalah suatu masa dalam jangka waktu beberapa tahun belasan hingga puluhan kedepan. Namun sesungguhnya, masa depan pun dapat dibedakan menjadi jangka pendek, menengah, dan panjang.
Tiga kategori ini pula yang menjadi acuan saat akan melakukan investasi. Sebagaimana yang diketahui, tujuan investasi adalah untuk mendapatkan sebuah keuntungan di masa mendatang atas harta yang dimiliki. Tiap individu pun berhak menentukan sendiri seberapa lama dia menginginkan keuntungan tersebut untuk dinikmati.

Perbedaan yang pertama dan paling terlihat tentu saja dari segi waktu, dimana dari nama jenis investasi ini sudah menunjukkan adanya perbedaan jangka waktu masing-masing. Investasi jangka pendek merupakan investasi yang dilakukan dalam waktu kurang dari 1 tahun, sedangkan jangka menengah dilakukan dalam rentang waktu 1 hingga 5 tahun. Untuk investasi jangka panjang sendiri dilakukan dalam kurun waktu lebih dari lima tahun.

Dari perbedaan waktu investasi yang dilakukan, maka berbeda pula tingkat keuntungan yang bisa didapat. Investasi jangka pendek memiliki peluang keuntungan yang paling kecil dibanding dua investasi lainnya, namun jumlahnya tetap lebih banyak dibanding hanya mengandalkan tabungan biasa.

#BACA JUGA :Undang-undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal

Sedangkan investasi jangka menengah memungkinkan Anda mendapatkan pendapatan pasif yang cukup aman dalam kurun waktu tersebut. Dan bagi Anda yang ingin mendapatkan diversifikasi penghasilan yang lebih besar dan senang mengolah uang yang dimiliki agar bisa menjadi lebih banyak, maka investasi jangka panjang akan memberikan keuntungan yang diharapkan.



sekian dan terimakasih semoga artikel tentang tujuan investasi ini bisa membantu apa yang anda cari dan selanjutnya jika anda masih penasaran tentang investasi anda dapat membaca tautan berikut ini:

JENIS - JENIS INVESTASI

No comments:

Post a Comment